Pemasaran yang dilakukan pada zaman serba digital seperti sekarang ini relatif bervariasi. Salah satunya menggunakan email. Tentu bagi para pebisnis tidak akan merasa asing dengan email marketing. Pemasaran online menggunakan email marketing rupanya bisa memberikan dampak bagus bagi bisnis.
Terutama dalam hal komunikasi. Membangun komunikasi dengan calon pembeli bisa dilakukan lewat email marketing. Cara ini terbilang cukup bermanfaat baik dari segi calon pembeli maupun pebisnis itu sendiri. Kedua pihak sama-sama diuntungkan dalam hal perolehan dan pemberian informasi yang efektif.
Apa Itu Email Marketing?
Email marketing adalah sejenis cara pemasaran yang menggunakan surat elektronik/email sebagai media utama. Ini merupakan metode yang sangat komunikatif dan mampu menciptakan prospek gemilang dalam hal meraup keuntungan optimal.
Nantinya pebisnis dapat mengatur email marketing semenarik mungkin dan cenderung komunikatif sebelum dikirimkan kepada calon konsumen. Cara ini juga kerap disebut sebagai metode people to people dengan jangkauan wilayah cukup luas.
Anda sebetulnya cukup familiar dengan metode pemasaran seperti ini. Coba saja buka email Anda dan lihat ada sejumlah email masuk yang cenderung bermuatan promosi. Mungkin Anda tidak sadar telah mendapatkan email-email tersebut. Namun, memang begitulah email marketing bekerja.
Komponen Email Marketing
Mungkin tidak sedikit yang beranggapan bahwa pemasaran online menggunakan email marketing sangat simpel. Akan tetapi, di dalam cakupan email marketing ternyata ada sejumlah komponen penting. Beberapa komponen email marketing tersebut diantaranya:
Pemilik Email/Pebisnis
Pemilik email atau pemasar menjadi komponen paling penting dalam email marketing. Kian banyak email yang dimiliki, maka kian berpotensi pula bisnis yang dipasarkan lewat email tersebut. Jadi, tidak perlu ragu untuk menggunakan email marketing.
Calon Konsumen/Penerima Email
Selain pemilik email, ternyata juga ada penerima email atau calon konsumen Anda nantinya. Dalam hal ini, penerima yang dimaksud adalah mereka yang mau mengikuti update pembuat konten seperti Anda. Konten yang bermanfaat tentunya mampu membuat penerima konten tetap setia mengikuti.
Autoresponder
Berikutnya adalah autoresponder atau yang familiar dengan sebutan alat pengirim pesan. Adanya alat seperti ini tentu akan mempermudah kinerja tim marketing. Layanan pengiriman dan balasan email juga akan terkesan sangat responsif.
Landing Page
Bagi dunia bisnis, website merupakan hal sangat krusial. Website merupakan muara dari segala macam bentuk promosi yang dilakukan para pebisnis. Untuk mengoptimalkan website juga membutuhkan landing page. Landing page ini nantinya mampu mempertahankan maupun meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Bonus Informasi untuk Prospek Bisnis Anda
Nyatanya memang tidak semua orang tergiur dengan promosi yang Anda berikan. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda memberikan bonus maupun informasi penting lainnya sebagai salah satu kiat agar dapat mempengaruhi calon konsumen untuk melakukan pembelian produk tertentu.
Mengapa Pilih Pemasaran Online Menggunakan Email Marketing?
Email marketing menjadi salah satu strategi pemasaran bisnis yang sangat efektif pada masa sekarang ini. Hal tersebut dikarenakan ada begitu banyak keunggulan dari pemasaran tersebut yang patut dipertimbangkan. Beberapa alasan keunggulan mengapa harus memilih pemasaran online via email ialah:
Biaya Relatif Murah
Faktanya, memang benar bahwa promosi menggunakan email marketing tidak membutuhkan biaya yang banyak. Bahkan pemasaran seperti ini terbilang mampu dijangkau dengan dana terbatas saja. Modalnya hanya email gratis serta autoresponder saja.
Jangkauan Sangat Luas
Selain tidak akan menghabiskan banyak biaya, email marketing juga menjadi salah satu strategi bisnis online yang mampu memiliki jangkauan sangat luas. Hal ini tentu saja berangkat dari internet yang mempunyai kemampuan jangkauan sampai ke seluruh penjuru dunia.
Sistem Bekerja Selama 24 Jam
Tidak ada kata libur untuk email marketing seperti ini. Sistemnya senantiasa bekerja selama 24 jam non stop. Ini akan menjadi semacam keuntungan tak terhingga bagi para pebisnis seperti Anda. Bahkan Anda dapat mengatur waktu agar kapan email tersebut bisa dikirim sesuai keinginan.
Memiliki Target Bagus
Email marketing rupanya dapat ditargetkan dengan baik sesuai keinginan. Misalnya, target berdasarkan rentang usia, hobi, peminatan dan sebagainya. Dengan demikian, pemasaran produk yang akan Anda lakukan dapat semakin terarah.
Mudah Dikelola
Selain itu, email marketing benar-benar sangat mudah dikelola. Pemasaran seperti ini sama sekali tidak akan merepotkan Anda. Apalagi email sangat ramah terhadap setiap penggunanya. Maka dari itu, jangan ragu memanfaatkan email marketing untuk keperluan bisnis Anda.
Konsep Email Marketing
Bukan hanya penting dalam mengetahui komponennya saja, namun email marketing juga mempunyai konsep tersendiri yang sangat menarik dipahami. Konsep email marketing sangat bervariasi seperti diantaranya:
Mampu Membuat Orang Memberikan Emailnya
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membidik target marketing. Jika Anda sudah mengetahui apa yang calon konsumen inginkan, maka berikutnya Anda bisa menerapkan sejumlah cara untuk mendapatkan email mereka.
Biarkan target memberikan alamat email tersebut secara sukarela. Jangan sampai terlihat ada paksaan apapun. Setelah mengantongi alamat surat elektronik tersebut, maka Anda dapat langsung merencanakan langkah selanjutnya.
Mulai Lakukan Promosi
Sebaiknya jika sudah mengantongi alamat email target pasar, maka Anda bisa langsung melakukan promosi. Tidak perlu saat itu juga. Anda bisa melakukannya secara terarah dan terencana dengan sangat baik. Hal ini cukup penting diperhatikan.
Jangan sampai mereka cenderung beranggapan bahwa informasi yang Anda kirimkan melalui email merupakan informasi bohong, tidak penting atau hoax semata jika terburu-buru mengirim email. Rencanakan saja secara matang dan barulah Anda bisa mengirimkan email tersebut.
Cek Prospek Rutin
Orang-orang atau target pasar yang sudah memberikan alamat email mereka kepada Anda tentunya otomatis akan menjadi target promosi kontinyu atau berkelanjutan. Setidaknya ada sejumlah informasi yang dapat dikirimkan secara rutin kepada target pasar, yaitu:
- Informasi terkait peristiwa tertentu. Cobalah usahakan bahwa informasi tersebut sesuai dengan ketertarikan atau minat mereka akan suatu hal.
- Informasi yang berkaitan erat dengan hal-hal yang digemari secara spesifik oleh target pasar.
- Analisis terkait produk yang Anda pasarkan dengan menerapkan beberapa aspek seperti manfaat, keuntungan dan sebagainya.
Landing Page dan Autoresponder bagi Email Marketing
Landing page dan autoresponder menjadi dua hal paling penting dalam penerapan strategi pemasaran online menggunakan email marketing. Seperti halnya autoresponder yang mampu mencatat siapa saja orang-orang yang sudah mendaftar.
Selain itu, autoresponder juga bisa mencatat email untuk dimasukkan ke dalam list, mengirimkan pesan email marketing sampai menjadwalkan pengiriman promosi tertentu. Sementara landing page berguna untuk mengoptimalkan halaman website.
Adanya landing page nantinya akan mampu menangkap data pengunjung untuk selanjutnya bisa diberikan informasi rutin dari autoresponder. Di samping itu, landing page juga berguna untuk mengajak orang lain mendaftar masuk ke dalam list Anda.
Pemasaran online menggunakan email memang sangat simpel dan praktis dilakukan. Hanya saja cobalah untuk memahami seluk-beluknya terlebih dahulu sehingga nantinya Anda dapat melakukan pemasaran online secara efektif.
Komentar