Instagram Ads merupakan sebuah platform iklan di media sosial yang fungsinya adalah untuk mempromosikan barang dagangan. Sekarang semuanya serba digital termasuk pemasaran produk. Lalu bagaimana cara beriklan di Instagram ads bagi pemula?
Sebenarnya selain instagram ada juga Facebook ads yang sekarang sudah digabung di bawah Facebook Ads Manager. Jika Anda tertarik untuk melakukan promosi secara online maka bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.
Cara Beriklan di Instagram Ads
Sebenarnya persyaratan untuk membuat iklan di Instagram sama dengan persyaratan untuk membuat iklan di Facebook. Tentukan apa dulu jenis bisnisnya baru setelah itu Anda bisa memulai untuk mempromosikan barangnya di Instagram.
Membuka Laman Facebook Ads Lalu Membuat Iklan Terpadu
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka halaman di Facebook Ads Manager, tentunya harus terlebih dahulu login ke akun Facebook tersebut. Kemudian adalah Anda bisa langsung membuka menu kampanye dan pilih menu buat iklan.
Terdapat dua pilihan dalam pembuatan iklan yaitu Pembuatan Iklan Cepat dan Pembuatan Iklan Terpandu. Untuk Pembuatan Iklan Terpandu maka Anda bisa memilih jenis bisnis yang lebih spesifik. Penting juga dapat menentukan apa saja tujuan dari membuat iklan tersebut.
Memilih Jenis Iklan yang Diinginkan
Langkah kedua adalah memilih jenis iklan yang Anda inginkan. Facebook memiliki dua jenis iklan yaitu Pengoptimalan Anggaran dan Uji Split. Kedua jenis iklan tersebut tidak bisa diterapkan dalam waktu yang bersamaan.
Adapun untuk iklan Ujin Split Anda nantinya akan membuat dua konten dengan target audience yang berbeda. Dengan begitu Anda bisa melihat konten mana yang lebih banyak mendapatkan pengunjung. Kelemahannya adalah iklan Uji Split butuh dana lebih besar.
Menulis Nama Iklan dan Target Pengunjung
Setelah mengetahui apa saja jenis iklan, cara beriklan di Instagram ads yang berikutnya adalah menulis iklan dan target pengunjung. Setelah menulis iklan maka langkah berikutnya adalah memilih tujuan trafiknya bisa ke Whatsapp, Messenger atau Website.
Kemudian Anda bisa menampilkan promo-promo menarik agar pengunjung mau melihat iklan Anda. Semua orang pasti suka dengan informasi menarik seperti promo atau potongan harga. Oleh karena itu Anda juga penting untuk menentukan target pengunjung.
Pada fitur target pengunjung dapat memilih pemirsa khusus yaitu menjangkau orang-orang yang pernah berhubungan dengan Anda. Tentukan juga lokasinya seperti negara, koa, kode pos dan alamat lengkapnya.
Anda juga bisa menentukan umur pengunjung misalnya 18 sampai 35 tahun. Agar semakin lengkap maka Anda juga bisa menentukan jenis kelaminnya jika produk khusus pria maka jangkauan pemirsanya adalah pria.
Memilih Penempatan, Jadwal dan Menghubungkan dengan Akun Instagram
Memilih penempatan adalah cara beriklan di Instagram ads. Misalnya Anda ingin meletakkan iklan di Instagram maka hubungkan langsung ke Instagram dengan memberikan centang pada kolom Instagram. Selain itu langkah berikutnya adalah dengan memilih jadwal.
Misalnya Anda ingin menjadwalkan bahwa iklan dipasang selama satu bulan. Setelah mengatur penjadwalan penayangan, langkah berikutnya adalah menghubungkannya dengan akun Instagram. Sebaiknya Anda menambahkan akun Instagram khusus untuk bisnis Anda.
Memilih Format Iklan
Langkah terakhir adalah memilih format iklan dan terdapat 5 pilihan format. Pertama adalah karaosel atau iklan berupa gambar dan video lebih dari satu. Ada juga iklan gambar tunggal, video tunggal dan tayangan slide dengan gambar atau video sampai 10 gambar.
Anda juga bisa memilih iklan dengan format koleksi. Iklan format ini merupakan gabungan antara video dan gambar.
Penutup
Sekarang karena Anda sudah tahu bagaimana cara beriklan di Instagram ads tidak usah pusing lagi memikirkan platform untuk promosi. Promosi dengan instagram cukup efektif untuk menarik pengunjung membeli produk Anda.
Komentar